Proposal Bisnis “ DONAT GAS POLLL MINI “


Proposal Bisnis 
“ DONAT GAS POLLL MINI “


Disusun Oleh ;
Nama         : ADITYA SYAFRASONO
NIM : ( 201571135 )
FAKULTAS : PSIKOLOGI


UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA





KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadiran ALLAH SWT yang telah memberikan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas proposal ini. Proposal usaha DONAT GAS POLL ini dibuat dengan tujuan agar mengetahui tentang usaha DONAT yang terasa enak dan memuaskan konsumen dari segi variasi rasa serta mengolah modal usaha seminimal mungkin yang dibutuhkan dengan menghasilkan keuntungan yang baik. Penyelesaian proposal usaha ini pengetahuan yang saya miliki seputar hal ini. Semoga proposal usaha ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya untuk diri saya sendiri mengingat usaha donat yang cukup lumayan mudah dalam pembuatan untuk para pemula. Oleh karena itu, diharapkan saran dan kritik untuk saya sebagai mendapat penyempurnaan dalam usaha yang akan dijalankan.












Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Judul Kegiatan 
Status Usaha
Tujuan Kegiatan
BAB II
 METODE PELAKSANAAN 
Produk
Proses Produksi
Pemasaran
Tempat Produksi
BAB III
TARGET DAN ANALISA SWOT
Target Produk
Target Konsumen
Target Pendapatan
Analisis SWOT
 BAB IV
ASUMSI BIAYA
Penentuan Harga Pokok
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Alasan Memilih, saya mencoba memilih usaha usaha ini karena proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru mendirikan usaha baru. Selain itu usaha donat ini banyak konsumen yang meminati donat yang berlokasi di lingkungan sekolah Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Kebetulan lokasi rumah saya berada sanagat dekat dengan dengan sekitar kedua gedung sekolah tersebut. Usaha ini mempromosikan donat dengan harga paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin karena saya buat di tempat yang sangat saya jaga kondisi untuk sangat higienis dari segi apapun dengan untung yang didapat masih relative lumayan relative cukup kecil, tetapi apabila kiata benar menekuni usaha ini dan memberikan beberapa kreatif  dengan meberi berbagai variasi dalam rasa dengan perubahan stok donat byang di produksi tidak monoton dengan rasa yang sama. Saya berbeda dengan menawarkan produk yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas dan brand produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda. Maka saya telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar usaha ini semakin maju dan berkembang.
Executive Summary:
Makanan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, selain sandang (pakaian) dan papan (rumah). Manusia membutuhkan makanan berat rata-rata tiga kali sehari demi mencukupi kebutuhan energinya untuk beraktivitas. Kadangkala masyarakat tidak berada di rumah pada saat mereka merasa lapar, dan memilih untuk makan di luar seperti di kedai, di pinggir jalan, warteg atau restoran.
Selain makanan berat, manusia juga membutuhkan makanan ringan untuk menahan lapar, ketika mereka berada di saat-saat tidak dalam jam makan/jam nanggung. Biasanya yang dipilih untuk menahan lapar tersebut adalah roti, snack, kopi, cokelat dan sebagainya. Saat ini, kita tidak bisa hindari dari pengaruh budaya Barat, terutama dalam hal makanan, karena makanan Barat yang dirasa lebih mudah dan instan dalam penyajiannya.
Kafe merupakan salah satu konsep kedai yang menyediakan masakan Western food sebagai menu utama digabungkan dengan minuman-minuman seperti jus, kopi espresso, dan kopi luwak yang dibuat dari bahan-bahan kopi asli Indonesia pilihan. Peluang membuka kedai makanan ringan di mall dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, tetapi harus membutuhkan modal yang cukup lumayan besar. Bagi masyarakat perkotaan berkumpul sambil menyantap makanan ringan disertai minum kopi dan teh sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai suasana berkumpul dan berbincang-bincang disertai makan makanan ringan disertai minum kopi dan teh..
Tahap awal dari Business Plan ini adalah mencoba berinovasi dalam usaha makanan ringan yaitu donat dengan memodifikasi dari segi rasa yang variative

Judul Kegiatan
Usaha DONAT GAS POLLL MINI
Status Usaha
Usaha yang akan dijalankan adalah mencoba memanfaatkan lokasi dan situasi di lingkungan tempat tinggal.
Tujuan Kegiatan
Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan.
Memenuhi kebutuhan masyarakat.
Menanggulangi pengangguran sejak dini.
Tujuan didirikankan nya usaha “DONAT GAS POLLL” ini adalah:
Belajar dan mencari pengalaman dalam menciptakan peluang dalam berwirausaha di lingkungan tempat tinggal yang mendukung untuk berwira usaha.
Memanfaatkan lingkungan tempat tinggal sebagai tempat singgah para orangtua wali serta murid/siswa-i PAUD & TK AL-Ikhlas dan SDN 08 Pagi / 05 Petang agar mendapatkan peluang untuk menghasilkan uang untuk masuk dalam lingungan jajanan  higienis anak-anak.
Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan yang membutuhkan beberapa karyawan (cheaf)
Berusaha untuk memperoleh tambahan penghasilan yang dapat kami gunakan untuk menunjang peningkatan kebutuhan hidup sehari-hari.
Misi 
Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik
Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
Memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yg memukau.
Gambaran awal usaha
Usaha ini adalah usaha pertama yang saya lakukan. Saya akan memulai usaha saya ini dengan cara yang sederhana dan modal yang cukup terjangkau. Saya juga akan membuat variasi produk yang berbeda dengan yang lainnya agar bisa menguasai pasar yang ada.
Gambaran produk
Produk saya ini akan saya buat dengan sedikit berbeda dengan donat yang biasanya banyak dijual di pasaran. Saya akan melakukan inovasi baru dimana donat yang akan saya produksi memiliki bentuk yang mini dengan tampilan yang unik dan varian rasa yang menarik seperti : rasa coklat+keju, kacang+coklat/selai buah2an, selai buah2an+gula putih, isi daging, isi sosis, dll.








BAB II
METODE PELAKSANAAN
Produk Produk usaha ini adalah makanan yang menggunakan bahan dasar tepung terigu protein tinggi.
Proses Produksi
Dalam menjalankan peluang bisnis dirumah yang menjanjikan tsb, modal usaha yang dikeluarkannya adalah 6 juta. 5 juta dipakai untuk membeli alat-alat untuk membuat kue seperti mixer, loyang dan lain-lain maka sisa 1 juta dari modal tersebut dipakai untuk membeli bahan-bahannya. Sari memanfaatkan internet untuk menambah pengetahuannya dalam membuat donat yang unik dan sedang atau akan disukai masyarakat. Proses belajar ini dipelajarinya dengan seksama agar peluang usaha makanan dengan modal kecil miliknya akan laku dijual dan disukai konsumen. Cara pemasaran bisnisnya dilakukan lewat promosi online media social dan dari mulut ke mulut ke tetangga sekitar rumah dengan harga jual Rp 1.500,-/ pcs. Dengan ide peluang usaha modal kecil seperti ini dengan target penjualan setiap hari order yang masuk rata-rata berkisar antara 50 s/d 100 pcs donat per-harinya.. Sebuah peluang bisnis dirumah yang lumayan walaupun keuntungan bisnis skala rumahan ini perbulannya tidaklah terlalu besar namun untuk ukuran sebuah usaha kecil rumahan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi jika diperhatikan lebih jauh bahwa donat adalah jenis makanan kecil yang sudah dikenal mayarakat luas, digemari, harga relatif murah atau terjangkau dan tidak mengenal musim artinya bisa jualan dalam kondisi apapun, maka potensi keuntungan yang menjanjikan dari bisnis itupun tidak akan terpengaruh. Jadi siapapun dapat mencoba bikin donat unik sekaligus menjualnya, apalagi buat para ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan di rumah maka tidak ada salahnya mencoba menekuni bisnis kreatif seperti ini sebagai usaha kecil menjanjikan tersebut.


Cara Membuat Donat Rumahan Yang Enak dan Bisa Laris Jika Dijual
Pilih dan pakailah tepung dengan kualitas baik sehingga akan membuat ragi lebih mudah menjalankan fungsinnya sebagai pengembang adonan.
Memilih ragi juga perlu diperhatikan, sebaiknya pilih ragi dalam kemasan tertutup (atau belum dibuka) sehingga ragi tetap dalam kondisi baik dan mudah mengembang jika dicampurkan dalam adonan.
Untuk menghindari bantat saat proses penggorengan maka uleni adonan sampai benar-benar kalis. Untuk mengetahui kalis tidaknya adonan donat yaitu dengan cara menarik adonan kearah sisi berlawanan, jika saat ditarik adonan itu tidak terputus maka itu artinya sudah kalis.
Sebagai toppingnya, misalkan memakai cokelat dengan teknik tim maka pastikan uap air panas tidak jatuh ke atas cokelat karena akan membuat cokelat berwarna tidak menarik atau berwarna pudar sehingga akan terlihat kurang menarik.
Proses Pembuatan Donat atau Produksi
Campurkan telur, mentega, gula kemudian aduk sampai merata dan mengembang.
Setelah diaduk hingga khalis tercampur merata dan tambahkan vermipan sedikit.
Aduk hingga merata hingga adonan donat bisa dicetak atau dibentuk.
Bentuk bulat meilingkar seperti bentuk donat pada umumnya atau sesuai keinginan.
Diamkan dahulu selama 15 menit agar mengembang.
Panaskan minya kemudian goreng hingga kecoklatan.
Selanjutnya beri toping sesuai dengan toping yang diinginkan.
Varian rasa yang tersedia :
Coklat
Keju 
Daging
Selai rasa buah
Sosis
Abon
Pemasaran
Dengan target jangka panjang yang ingin dicapai adalah membuka pesanan secara offline maupun online (FB, Whatsup, Line, dst) di daerah yang lingkugan sekitar yang berawal menggunakan spanduk kecil jenis usaha yang akan dijalankan dengan fokus berisikan jenis barang yang diperjualkan.
Tempat 
Dengan memanfaatkan lahan tanah lebih dari halaman rumah sendiri dengan luas ukuran 3 x 3 meter dan distributor ke kantin-kantin sekolah sekitar.
BAB III
TARGET DAN ANALISIS SWOT
Target Produk
Pisang yang disajikan kepada para pelanggan, akan membuat ketagihan karena harga yang bersahabat serta varian rasa yang dapat menggoyang lidah membuat “Banana Boat” ini menjadi sangat diminati untuk dicicipi. 
Target Konsumen
     Konsumen yang ditargetkan adalah semua kalangan, baik untuk anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua dapat mencoba “Donat Gas Poll” ini. Makanan yang sangat wajib untuk dicicipi.
Analisis SWOT
Strength (Keunggulan) ;
Produk mudah dipasarkan.
Cita rasa produk yang khas.
Harga termasuk murah.
Mencoba dengan bentuk dan tampilan donat yang menarik dan berbeda-beda.
Weakness (Kelemahan) ;
Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas enak, lezat, bergizi.
Kerugian akibat barang rusak.
Kurangnya karyawan dalam produksi
Opprtunity (Peluang) ;
Banyak orang tua ataupun anak-anak yang menyukai makanan donat yang lembut
Proses distribusi mudah
Sudah memiliki relasi usaha dalam bidang distribusi atau took.
Masyarakat yang kini lebih pintar dan modern yang lebih mementingkan kualitas
Produk dari pada harga yang murah.
Gaya / Trend masyarakat modern yang tidak mau ketinggalan jaman buat mencoba / membeli sesuatu.
Treatment (Ancaman) ;
Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dengan harga setara.
Masa libur sekolah situasi mempengaruhi cenderung lebih sepi
Konsumen merasa bosan
Berbisnis makanan memang tidak aka nada hentinya, dalam satu hari saja banyak kreasi baru yang bermunculan pada dunia kuliner, hal ini membuat banyak orang menyukainya dan tergiur untuk mencobanya. Membuat bisnis makanan tentu bukanlah hal yang mudah, namun jika bisa membuatnya dengan telaten maka hal tersebut akan terasa mudah dan menyenangkan. Dengan kekreatifitasan dan modal yang kecil tentu bukanlah hal yang mustahil untuk memulai suatu usaha. Salah satu makanan yang memiliki rasa yang manis dan tergolong sebagai kue yang sangat populer ini, bisa menjadi salah satu usaha yang dapat dikembangkan.
Dari berbagai kalangan umur mengenal jenis kue ini, dari anak-anak hingga kalangan tua juga sangat menyukainya, dengan rasa manis yang ada pada kue ini membuat kue donat bisa menjadi peluang usaha yang manis dar segi rasa dan keuntungan yang akan diperoleh nantinya. Dalam membuat bsinsi kue donat ini tidaklah membutuhkan modal yang besar, dengan modal yang relative ringan anda pun dengan mudah bisa membuat usaha ini. 
Donat memiliki bentuk original yang bulat dengan lubang ditengahnya, agar lebih menarik tentu anda juga bisa membuat donat ini dengan toping yang beraneka rasa, seperti coklat, meses, dengan rasa strawberry, durian, mangga dan masih banyak lagi. Anda bisa berkerasi sesuai dengan keinginan dan kekreatifitasan anda, membuatnya menjadi lebih menarik agar para pembeli tertarik untuk mencoba kue donat yang anda jajakan. Untuk pemasarannya anda bisa menitipkan kue donat ini pada kantin-kantin yang ada di sekolah-sekolah, diwarung-warung atau menjajakannya didepan rumah jika tempat anda terbilang cukup rama dan strategis dilalui banyak orang.
Analisa Usaha Donat
Contoh produk donat yang bisa anda pasarkan pada konsumen ada berbagai varian rasa yaitu :
Donat Coklat
Donat Kacang
Donat Meses
Donat Keju
Donat Abon
Donat Ayam
Donat Selai buah
Harga yang dipatok
Harga dari donat ini bisa anda beri harga untuk satu donatnya yaitu Rp. 1.500,-

Tempat
Anda bisa menjual didepan rumah atau di titipkan pada warung atau kantin sekolah
Promosi
Anda bisa membuat brosur yang menari atau dengan membuat banner di depan rumah, atau bahkan anda juga bisa mempromosikannya lewat media sosial.
BAB IV
ASUMSI BIAYA
Perhitungan Modal dan Harga Jual
Modal awal yang diperlukan dengan rincian harga yang diperlukan yaitu :
Timbangan digital adonan (ons) Rp 60.000,-
Baskom Rp 100.000,-
Piring Rp 50.000,-
Mixer untuk mengaduk adonan Rp 250.000,-
Gelas Rp 50.000,-
Sendok Rp 50.000,-
Oven jumbo Rp 1.500.000,-
Penggorengan Rp 50.000,-
5 pcs Wajan anti lengket       @ Rp 80.000,- x 5 = Rp 400.000,-
Cetakan donat Rp 225.000,-
Bahan dasar & bahan tambahan Rp 1000.000,-
Biaya tambahan Rp 1.000.000,-

Total Modal yang Dibutuhkan :
Biaya Bahan Baku : Rp. 1.000.000,- 
Biaya Peralatan : Rp. 2.735.000,-
Biaya Tambahan : Rp. 1.000.000,-
TOTAL : Rp. 4.735.000,-
Hitungan Laba Rugi
Pendapatan = Rp 1.500,- x 100 = Rp 150.000,- x 30 = Rp 4.500.000
Biaya Pokok = Rp 1.000.000,-
Dalam jangka waktu 5 bulan = Rp 4.500.000,- x 5 = Rp 22.500.000,-
Jika dalam satu bulan dapat menjual 3000 donat
Maka Harga Jual = Rp 1.500,- x 100 = Rp 150.000,- x 30 = Rp 4.500.000
Maka, harga pokok perbiji dari kue donat ini yaitu Rp. 727. Dalam setiap penjualan perbijinya diinginkan lama sebesar 35%
Analisa Keuntungan
Dengan modal Rp. 4.735.000,- ini bisa menghasilkan hingga Rp 22.500.000,- dalam jangka waktu 5 bulan.

Kesimpulan
Agar produk kita dapat diterima di dalam masyarakat dan di setiap kalangan maka kita harus menciptakan produk yang berkualitas dengan rasa yang enak dan harga terjangkau, dari pelayanannya, penyajiannya, kebersihan tempat, dan buatlah senyaman mungkin agar dapat menarik penunjung untuk datang. Untuk menghadapi pesaing yang begitu banyak maka kita harus kreatif untuk menciptakan ide-ide baru.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemikiran RENE DESCARTES

Hakikat manusia menurut pemikiran AUGUSTE COMTE